Kecaprukan 친구들 Edisi 1 “Nikah”

Sekarang udah ga jamannya jalanin aja dulu “without any plan”.

Bagi mereka yang berusia di atas 20 tahun atau akan berusia 20-an tahun. Saya tahu sangat sulit untuk jatuh cinta di usia ini. Maksud saya, praktis, sulit karena Anda bukan lagi remaja yang bisa dengan mudah menyukai seseorang tanpa memikirkan poin plus dan minusnya, seperti seseorang tanpa memikirkan apakah rencana masa depan Anda akan cocok satu sama lain, atau bahkan sebagai Sederhana seperti “Bisakah kita bisa bersama untuk jangka waktu lama tanpa keraguan?” Yah, saya yakin kita semua di usia dua puluhan kita menghadapi masalah yang sama. Jatuh cinta di usia ini adalah tentang mencari seseorang yang benar-benar akan mencintai kita seperti kita. Ini semua tentang mencari seseorang yang akan berusaha sekeras yang telah Anda lakukan sejauh ini. Dan ini hanya tentang mencari seseorang yang siap untuk berbagi rencana masa depannya dengan Anda. Ini bukan saatnya untuk memiliki hubungan tanpa tujuan apa pun, tanpa penglihatan, ini bukan waktu untuk bermain, dan ini bukan saatnya memilih seseorang untuk menjadi pasangan berdasarkan tampilan mereka saja. Sudah waktunya memilih dengan bijak, untuk sekali dalam seumur hidup ini mungkin keputusan terbesar Anda. Terkadang, saya merasa aneh, ketika ada orang yang dengan mudah mengakui cintanya seperti tidak ada beban sama sekali karena mengetahui bahwa mereka harus menghadapinya, mereka harus mengikat komitmen mereka untuk bersama. Tapi kemudian Anda harus mengakhiri hubungan Anda karena satu dan hal lain, dan dengan mudah mengucapkan selamat tinggal. Tidakkah sakit jika Anda memilih untuk menjadi pasangan mereka tapi kemudian Anda memecah hubungan Anda? Tidakkah melukai perasaanmu melihat seseorang yang dulunya kekasihmu memegang tangan orang lain? Ini bukan hanya tentang dia yang akan kita hadapi, tapi juga semua orang di sekitar mereka, dan bahkan seluruh hal dalam hidupnya. Keluarga mereka, teman mereka, masalah mereka, dan bahkan zona nyaman mereka. Sudah cukup siap untuk bertemu keluarganya? Apakah Anda cukup berani masuk ke zona nyamannya? Sudah cukup siap untuk menghadapinya di sisi buruk dan baik? -karena beberapa di antaranya hanya menunjukkan citra bagus mereka saat berkencan. Tidak pernah mudah untuk berurusan dengan seseorang yang akan menjadi rekan seumur hidup Anda. Yang penting lainnya. Dan ya, mereka yang belum menemukan pasangan mereka tidak berarti mereka belum siap, tapi mereka masih berusaha memperbaiki hatinya, mempersiapkan semuanya untuk Anda berdua, dan meningkatkan diri untuk menjadi lebih baik dan lebih baik, Sehingga ketika saatnya tiba, mereka akan siap menghadapi setiap hal dalam hidupnya. Bagi saya, secara pribadi, berurusan dengan orang tidak semudah itu. Ini membutuhkan waktu. Butuh banyak usaha. Karena, menyelam ke dalam pikiran dan jiwa Anda tidak akan semudah memuji penampilan Anda.

Pernikahan juga tentang menerima segala kekurangan maupun kelebihan pasangan kita nanti. Kalau pasangan kalian ga sesuai keinginan atau ekspektasi kalian, ketahuilah bahwa pasangan yang kalian pilih dan yang telah mengucapkan janji bersama itu sekualitas dengan diri kalian. Jadi kalau pengen pasangan kalian kelak sesuai ekspektasi, tingkatkan dulu kualitas diri kalian karena pasangan kalian pasti akan sama kualitasnya dengan diri kalian. Dan kalau kalian ga bisa nerima segala kekurangan baik boroknya pasangan kalian dan kalian tinggalin, kemungkinan kalian akan bertemu dengan orang yang sama seperti dulu atau bahkan lebih buruk dari yang dulu. Maka terima lah pasangan kalian dan tingkatkan kualitas diri masing2 haha. -Anaa-

Kedewasaan untuk melewati serangkaian proses2 kehidupan. Proses tiada henti untuk saling menyamakan langkah, mencocokan kepribadian, meredam ego, saling membangun mimpi2, berjuang bersama meraih tujuan, merangkai kepercayaan, dan tentunya untuk menjaga satu sama lain.

Saya mau belajar untuk menjadi orang yang bisa mengendalikan diri, mengendalikan ego. Menjadi orang yang bersedia mendengar dan berbagi. Karena pernikahan bukanlah tentang bagaimana saya bisa mendapatkan yang terbaik, melainkan memberi yang terbaik.

Saya memiliki pemaknaan bahwa kita (termasuk saya) tidak pernah menikahi orang yang terbaik, terbaik dalam artian bahwa orang yang dinikahi adalah orang telah selesai dengan segalanya, ia bukanlah orang yang telah mencapai titik-titik terbaik dalam hidupnya. Saya berusaha untuk terus memahami dan menyadari itu sehingga apabila nanti saya menemukan ada kekurangan dalam diri pasangan, saya tidak perlu menjadikan kekurangan itu sebagai sesuatu yang membebani atau menjadi masalah dalam rumah tangga. Kesadaran yang benar-benar ingin saya tanamkan bahwa saya menikah bukan dengan orang yang benar-benar sempurna dalam segala hal. Kesadaran yang semoga bisa membuat ruang penerimaan dan pemaafan saya yang selalu lapang, selalu demikian hingga kami harus terpisah karena kematian.

Saya berusaha menanamkan keyakinan dan menjaga keyakinan saya bahwa pasangan adalah bentuk nikmat dan karunia Allah yang harus saya syukuri.

Rasa syukur yang semoga selalu menjaga mata saya agar tidak melihat ke yang lain, menjaga hati saya tidak cenderung ke yang lain, membuat langkah saya tidak berjalan ke arah yang lain. Rasa syukur yang saya yakini bisa membuat saya lebih terang dalam melihat segala kebaikan yang ada.

Bukan hanya soal menerima tapi juga memberi. Yaa harus punya kesadaran penuh tentang hak dan kewajiban pribadi masing2.

Karena sebuah hubungan itu membutuhkan dua orang yg solid, yg sama2 kuat. Bukan yang saling mengisi kelemahan. Kerena menjadi kuat adalah tanggung jawab masing2. Bukan tanggung jawab orang lain.

Jadi pernikahan akan lebih pada soal kerjasama, penerimaan, dan kesepakatan untuk berjuang bersama demi satu tujuan.

Belum lagi pernikahan itu salah satu dari tiga perjanjian terkuat yang disebutkan dalam al-Quran. Dimana perjanjian ini melibatkan Allah langsung didalamnya. -Zula-

Kata dosen ana ada dua tipe keberanian dalam percintaan, yg pertama berani buat mengungkapkan dan menghalalkan dan yg kedua berani untuk melepaskan untuk sesuatu yg lebih baik. Semangat ya buat kalian yg udah ada bahasa calon pasangan semoga berjodoh dan barakah amiinnn

When you are in your 20s, its not the time for “trial and error” anymore. -tami-

Sumber :
Kecaprukan 친구들 (Evita, Gina, Fitri, Kirana, Rani, Zula)
https://timeline.line.me/post/_de6FJaxErFvUpEzY1ZieXakSekLSTBLvdL6F0IE/1149796932801086890

Untuk Suamiku nanti

Untuk pria yang kelak menjadi suamiku.
Aku hanya ingin kau tau, kau telah menikahi wanita biasa.
Bukan wanita paling cantik yang kau inginkan.
Bukan wanita lembut yang kau harapkan.
Bukan wanita penyabar yang kau impikan.
Aku wanita yang jauh untuk disandingkan dengan kata anggun atau kata apapun yang menunjukan kedewasaanku.
Aku wanita penuh emosi yang seringkali bersikap kekanak-kanakan.
Aku bukan wanita yang pandai berias, memasak ataupun teman mengobrol menyenanggkan hatimu.
Hanya wanita dengan wajah biasa yang bisa cemburu dan mudah menangis.
Aku akan berusaha memberikanmu kepercayaan dan berusaha untuk membuatmu percaya.
Sejujurnya aku tidak tau apakah aku akan menjadi seorang istri penuntut ataupun istri penurut.
Aku juga tidak tau bagaimana kehidupan kita kelak dengan pekerjaan yang nanti kita jalani. maksudku aku seorang perawat yang nantinya akan banyak waktu -yang seharusnya milik kita- tersita demi orang lain.
Aku takut tidak dapat menjadi seorang istri sebaik seperti yang aku ingin.
Kita hanya perlu saling mengingatkan dalam kebaikan.
Hal yang sangat aku inginkan adalah kita akan menjadi pasangan yang dapat menenangkan hati satu sama lain didunia dan dipertemukan lagi diakhirat kelak.

Buat Gina

Hay Gina
Bagaimana keadaanmu?
Hidupmu baik?
Hatimu?
Seberapa keras kau berpikir semuanya tak akan selalu berjalan seperti yang kau mau.
Saat ini berjalan tidak baik.
Rasanya tetap sakit.
Sangat menyesakan bukan?

Ini melelahkan.
Bahkan dalam mimpi, ini terasa sakit.
Sampai terkadang rasa sakit itu tidak mampu kau tebak.
Apakah sekarang aku baik-baik saja?
Kau tidak tau tekanan mana yang lebih membuatmu hancur.
Sejauh mana kehancuranmu.
Semua ini membuatku gila.

Mungkin tidak apa jika kau diperingkat menegah.
Begitukah?
Nyatanya orang hanya mengingat yang terbaik dan terburuk.
Begitulah adanya, terlupakan.
Bahkan saat kau berjuang sekeras apapun aku tidak bisa menentukannya.

Ini sulitkan?
Aku berharap rasa sakitmu sedikit hilang.
Aku mau kamu bertahan sedikit lagi.

Kamu melakukannya dengan baik?
Kamu sudah bekerja keras?
Jangan mengasihani diri sendiri. Bertanggung jawablah.

Tak akan ada yang setia mendorongmu. Hanya kamu yang bisa.

Jangan menyalahkan orang lain. Jika itu berjalan tidak baik yang harus kau tekankan, kau yang salah.

Kamu terlalu sering berpikir pesimis.
Kamu mencemaskan banyak hal.
Kamu takut terluka?
Kamu takut kecewa?
Tak ingin mengambil resiko?
Yang harus kamu ingat adalah “Karna ketika kamu lahir kamu memberi harapan pada orang lain, kamu tidak boleh melupakannya.”

Jadi “Jangan pernah menyerah dan hadapi semuanya.” (Bae Jinyoung)

Pedulilah padaku walau itu sedikit.
Seseorang hanya perlu merangkul “Aku disampingmu.” Dan mengatakan “Itu bagus, kau melakukannya dengan baik. Gina, aku bangga.”

Review 2nd Mini Album Spring Falling – Yesung

Annyeong~

Seneng banget Yesung realise Mini Album baru bertajuk Spring Falling. Asal jangan punya pacar atau istri baru aja eh belum siap di tinggal cha.

Usia tak membatasi apapun bang, tua-tua keladi Eahhh mantaplah.

Sejak MV hibernation direalis aku langsung jatuh cinta sama ini lagu.

Karna aku bukan jenis penggemar yang fokus sama MV, tentu aku lebih cinta sama suara dia. Makin cinta sama abang ini.

Entah kenapa dilagu ini aku serasa dirayu. “You’re so beautiful”, “ you’re so wonderful always think of you”, “I will be with you” dan “johayo” itu kata-kata yang paling pertama aku tangkep.

Dan setelah full mini albumnya keluar (2017-04-18) aku ciciltuh dengerin satu persatu. Herannya GA ADA SATUPUN LAGU YANG BIKIN AKU BOSEN, karna jujur dialbum sebelumnya aku tidak memfavoritkan semua lagunnya hanya fokus sama beberapa lagu yang nyaman ditelinga. Dan di mini album ini… Daebaklah pokona.

Setiap lagu yang didengerin punya rasa yang berbeda. Walaupun pada dasarnya itu rasa ‘sakit’ tapi setiap lagu itu punya pesan pahitnya tersendiri. Entah itu dari kadar (taraf) sakitnya atau itu emang punya rasa tersendiri “yang berebeda” aku sendiri ga ngerti, intinya Yesung mampu menghadirkan suasana yang berbeda di setiap lagunya.

Mungkin itu juga yang bikin aku ga bosen sama semua lagu yang ada dialbum ini walaupun emang rata-rata lagunya melow, disamping lagu yang bikin fly atau merayu tadi.

Suksesdeh buat abang Yesung yang selalu berhasil menjerat hati para penggemar -termasuk aku- dengan suara emasnya itu.

Terbukti dengan banyaknya pihak yang juga merespon baik album ini.

Disamping ada beberapa hal yang bikin hati sedikit panas toh kualitas Yesung emang tidak diragukan lagi -resiko publik figur itumah-. Tenang aja bang masih banyak yang mendukung kamu bang.

Ini dia list lagu diMini Album Spring Falling

  1. 봄날의 소나기(Paper Umbrella) -melow-
  2. 겨울잠(Hibernation) -sweet-
  3. 그대뿐인지(All But You) – little bit melow-
  4. Fly(번지점프) -agak semangat?-
  5. 그때로(At the Time)(Feat. 규현) -penghantar tidur ^^ tenang banget-
  6. 비눗방울(So Close Yet So Far) -melow-
    http://m.smtown.com/Music/AlbumInfo/11325

Makasih atas kerja kerasnya. Ditunggu juga karya-karyamu yang lain.

Hwaiting. Gomawo. Saranghae.

Selamat juga buat drama ‘VOICE’ nya.

나의 아버지

Dia…. Lelaki yang sudah memiliki tempat dihatiku.
Lelaki lembut yang tersamarkan sikap kerasnya.
Lelaki yang tidak jarang acuh terhadap keinginanku, namun dibalik itu ia sangat berusaha untuk mewujudkannya.
Karena semua itulah aku mengetahui ketulusannya.

Masa terus berjalan.
Aku terus tumbuh.

Ia pergi untuk kembali.
Aku mengingat sebagian dirinya.

Suara lantang berwibawa.
Wajah keras menutup lelah.
Tangan luka penuh pengorbanan.
Kaki tangguh sarat jalan kehidupan.
Bahu kokoh penanggung beban.

Ia tabah.
Ia sabar.

Pribadi keras.
Sisi lembut yang kurindukan.

Jarak menciptakan batas yang belum mampu kutembus.
Waktu merubah canda.
Tawa berselimut canggung.
Tidak ada lagi pelukan.
Rangkulan.
Kata sayang.

Namun yang ku yakini pasti.
Dia sayang aku.
Dia mempedulikanku.